Monday, May 21, 2012

Aplikasi Android Pemutar Video Player

 

Vplayer Pro - Ubah Gadget Android Anda Menjadi Video Player Anda kolektor video? Memiliki banyak koleksi video hasil unduh dengan berbagai macam format? Dan memiliki Android sebagai gadget favorit Anda? Vplayer Pro mungkin bisa menjadi aplikasi pemutar video yang cocok bagi Anda.

Vplayer Pro adalah aplikasi pemutar video paling baru di Android Market, tertulis aplikasi ini masuk Android Market pada tanggal 5 Mei 2011. Vplayer Pro bisa digunakan pada OS (Operating System) Android versi 2.0 (Donut) keatas. Anda bisa mengunduh file installer Vplayer Pro yang memiliki ukuran file 6.3Mb secara gratis di Android Market.

Fitur yang ditawarkan Vplayer Pro adalah pemutar video ini bisa membaca semua format video. Sehingga hanya dengan satu pemutar video terinstal, pengguna bisa bebas memutar video dengan berbagai macam format tanpa perlu tambahan aplikasi pengkonversi video lagi. Aplikasi ini juga mendukung file SRT, yaitu file subtitle tambahan yang bisa digunakan pada file video berformat MKV. Itulah fitur yang ditawarkan oleh Vplayer.

Kali ini saya akan mencoba membuktikan fitur-fitur yang ditawarkan aplikasi baru ini. Percobaan saya kali ini menggunakan smartphone Sony W8 dan file video dengan format MP4, FLV, WMV, AVI, DAT, MPG, ASF, MOV, dan MKV.

Untuk file video berformat MP4, hasil percobaan menunjukkan Vplayer Pro berjalan dengan sangat buruk. Pada waktu memutar file, video yang ditunjukkan berjalan kacau sementara audio berjalan normal, sehingga tampilan gambar dengan suara yang keluar tidak sesuai. Pemutar video bawaan Android berjalan lebih bagus dan normal untuk percobaan file berformat MP4 ini.

Percobaan file video berformat FLV, AVI, MPG, ASF menunjukkan hasil yang positif pada Vplayer Pro. Video berjalan lancar tanpa putus sedikitpun. Sementara pemutar video bawaan Android tidak mendukung file video berformat ini.

File berformat WMV mengalami masalah pada Vplayer Pro. Video berjalan agak lambat pada aplikasi ini, hampir sama seperti file berformat MP4, video dan audio berjalan tidak sesuai. Namun untuk file dengan format WMV keterlambatan gambar tidak seburuk file MP4, keterlambatan hanya sepersekian detik.

Sayangnya untuk file dengan format DAT dan MOV janji Vplayer Pro tidak terpenuhi. Vplayer Pro tidak mendukung file ini. Dengan Fitur Scan Video On SDCard pun kedua file tidak terdeteksi sama sekali oleh aplikasi ini.

Untuk file dengan format MKV, percobaan menunjukkan hasil yang mengecewakan. Pemutar video terasa berjalan sangat berat, baik video maupun audio berjalan tersendat-sendat pada saat Vplayer Pro menjalankan file video berformat MKV. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh dua faktor, faktor pemutar video yang kurang baik, dan/atau dibutuhkan smartphone high-end berspesifikasi tinggi untuk menggunakan Vplayer Pro dengan file berformat MKV.

Beberapa kekurangan yang ditemukan pada saat percobaan ini sungguh sangat disayangkan. Apalagi untuk file video berformat MKV, yang mana saat ini file tersebut sedang banyak digunakan oleh beberapa situs penyedia video. Namun secara keseluruhan saya menyimpulkan Vplayer Pro cukup berguna untuk melengkapi pemutar video bawaan Android. Beberapa file yang tidak didukung oleh pemutar video bawaan Android dapat berjalan dengan lancar pada aplikasi ini. 

No comments:

Post a Comment