Sunday, May 6, 2012

Aplikasi Go Launcher Ex




Definisi Launcher Android : Launcher adalah aplikasi untuk merubah tampilan antar muka (interface) Android. Bukan tampilannya saja yang dapat dirubah, namun dengan menggunakan launcher, pengguna dapat juga merubah efek-efek animasi pada saat mengoperasikan ponsel / tablet Androidnya.

Langkah-langkah instalasi Go Launcher EX Android:

  • Download dan install aplikasinya. Caranya: Pastikan koneksi internet aktif > buka aplikasi Android Market > ketikkan “Go Launcher EX” pada kolom pencarian > tunggu agar Android Market mencari apikasi yang dimaksud > klik pada aplikasi “Go Launcher EX” untuk memulai proses download dan instalasi.
  • Setelah aplikasi terinstall > tekan tombol HOME > akan muncul pilihan launcher > klik “Go Launcher EX”.
Catatan:
Bila Anda ingin menggunakan Go Launcher EX sebagai launcher utama Anda atau setiap menekan tombol HOME tidak akan muncul pilihan launcher dan langsung ke menu utama, berikut caranya: Tekan tombol HOME > Saat muncul pilihan launcher > beri tanda centang pada tulisan set by default for this action (gunakan secara default untuk tindakan ini) > Klik Go Launcher EX.

Kustomisasi Go Launcher ex

Setelah aplikasi ini terinstall, kita dapat melakukan cukup banyak pengaturan yang akan menjadikan tampilannya lebih menarik. Berikut beberapa pengaturannya :

Mengganti wallpaper layar utama, pada app drawer (menu aplikasi) dan pada Dock.

Cara mengganti wallpaper di Home Screen / layar utama : tekan tombol HOME > jika muncul pilihan launcher, klik GO Launcher EX > tekan tombol MENU > klik Wallpaper > pilih aplikasi yang ingin digunakan untuk mencari wallpaper, misalnya aplikasi File Manager atau aplikasi Gallery > pilih wallpaper yang ingin dipakai.
Cara mengganti wallpaper pada daftar menu aplikasi (app drawer) : pergi ke menu/layar utama dengan menekan tombol HOME > tekan tombol MENU > klik preferences > klik Themes Settings > klik App Drawer Background, setelah itu akan muncul beberapa pilihan:
  • Hide Background: menggunakan wallpaper yang sama dengan di layar utama, namun warnanya digelapkan sedikit.
  • Blur Background: menggunakan wallpaper yang sama dengan di layar utama, namun gambarnya dibuat blur (buram).
  • GO Theme Background: menggunakan wallpaper bawaan theme yang digunakan saat ini.
  • Custom Background: menggunakan gambar atau foto yang tersimpan di SD card.
Catatan: App drawer adalah merupakan list atau daftar seluruh aplikasi yang terinstall di handphone. Untuk masuk ke menu app drawer, pengguna perlu menekan tombol pada layar yang biasanya bergambar empat buah kotak kecil-kecil.
Anda dapat juga mengganti wallpaper Dock : Caranya dari layar utama tekan tombol MENU > klik preferences > klik Themes Settings > click Dock Background, akan muncul pilihan:
  • Hide Background: Dock tidak menggunakan background / wallpaper
  • Go Theme Background: Menggunakan background bawaan themes
  • Custom background: Menggunakan gambar atau foto yang tersimpan di telepon
Catatan: Dock adalah bagian bawah dari layar utama. Merupakan tempat untuk meletakkan ikon-ikon atau shortcut aplikasi yang paling sering digunakan. Posisi Dock tidak akan berubah walaupun pengguna mengusap layar untuk berganti dari home screen yang satu ke yang lain. Shortcut yang diletakkan pada Dock biasanya adalah shortcut untuk melakukan panggilan telepon, phonebook, app drawer, messaging dan browser.
Berikut contoh Dock yang telah diganti backgroundnya:

pengertian dock android



Mengatur efek transisi pada menu utama (HOME SCREEN)

Untuk mengganti efek transisi pada layar utama: pergi ke menu/layar utama dengan menekan tombol HOME > jika muncul pilihan launcher, klik GO Launcher EX > tekan tombol MENU > klik preferences > klik Effects Settings > klik Desk Transition Effect > Anda akan menemukan beberapa pilihan efek transisi, pilih yang Anda suka > setelah selesai, tekan tombol HOME untuk mencobanya.
Berikut contoh transisi “Cube (outside)”. Saat layar utama digeser ke kiri atau ke kanan, akan ada efek 3D berbentuk kubus:
mengganti tema android dengan go launcher ex 



Mengganti efek transisi pada app drawer (daftar menu aplikasi)

Menu pada app drawer dapat diatur agar dapat digulir (scroll) secara horisontal maupun secara vertikal, tergantung selera dan kenyamanan Anda. Berikut cara pengaturannya: Dari layar utama > Tekan tombol MENU > Klik Preferences > klik App Drawer Settings > klik Scrolling Orientation
Untuk mengganti efek transisi pada app drawer: tekan tombol HOME > tekan tombol MENU > preferences > klik Effects Settings > akan muncul pilihan:
  • Enter/Exit transition: untuk mengatur efek ketika berpindah dari layar utama masuk ke App Drawer atau sebaliknya
  • horizontal/vertical scroll effect: untuk mengatur efek transisi pada app drawer saat berpindah dari daftar aplikasi ke daftar aplikasi lainnya.
Berikut contoh tampilan App Drawer mode horisontal dengan efek “Sphere”
merubah tampilan handphone android

Mengganti Ikon aplikasi

Anda dapat mengganti nama dan gambar ikon aplikasi yang berada di layar utama dan juga pada dock. Berikut caranya: Pergi ke layar utama dengan menekan tombol HOME > klik dan tahan pada ikon yang ingin diganti (misalnya ikon Messaging) > nanti akan muncul pilihan:
merubah ikon aplikasi hp android
klik dan tahan ikon hingga muncul menu pilihan
  • Replace: Untuk mengganti gambar ikon
  • Rename: Untuk mengganti nama ikon
  • Delete: Menghilangkan ikon dari layar utama (tidak menguninstall aplikasi)
  • Uninstall: Berguna untuk uninstall aplikasi / menghapus aplikasi dari handphone
Untuk mengganti gambar ikon, klik “Replace”, nanti akan muncul pilihan:
  • Default Icon: Untuk mengganti gambar ikon kembali ke aslinya (berguna ketika pengguna sudah mengganti dengan ikon alternatif)
  • Theme’s Icon: Mengganti gambar ikon menggunakan gambar yang terinstall pada themes Go Launcher EX
  • Custom Icon: Mengganti gambar ikon menggunakan gambar atau foto yang tersimpan di memori telepon atau di SD card.
Berikut contoh ikon “Messaging” yang sudah dirubah gambarnya menggunakan foto yang disimpan di SD card:
foto ikon android

Mengganti tema launcher

Bila kurang puas dengan tema atau ikon-ikon bawaan, maka Anda dapat menginstall tema untuk Go Launcher EX. Caranya:
  • Tekan tombol HOME > tekan tombol MENU > klik Themes > Anda akan menemui beberapa tema yang ditawarkan oleh pengembang aplikasi, namun tema tersebut tidak gratis
  • Untuk mencari tema yang gratis, klik “Download more themes” > Akan muncul pilihan untuk megunduh melalui Android Market atau mendownload melalui Go Store > jika memilih mengunduh melalui Go Store > klik GO Theme > klik “Free” untuk mencari tema yang gratis > klik tema yang ingin digunakan > tunggu proses instalasi selesai.
  • 3. Setelah tema yang dipilih berhasil diinstall, untuk mengaktifkannya tekan tombol HOME > tombol MENU > klik Themes > cari tema yang baru diinstall dengan menggeser layar ke kiri atau ke kanan > klik pada tema pilihan > klik Apply.
Berikut contoh Go Launcher EX yang menggunakan tema “Monkey”, perhatikan gambar ikon pada dock sudah berubah. Contohnya ikon “app drawer” yang biasanya bergambar empat buah kotak berubah menjadi gambar “pisang”:
ganti tampilan interface android
                                                                 
Berikut tampilan App drawer setelah menggunakan tema “Monkey”. Perhatikan saat app drawer terbuka, maka gambar ikon Home / Keluar dari app drawernya bergambar pisang terbuka.

merubah tampilan animasi android


Menyembunyikan aplikasi

Anda dapat menyembunyikan aplikasi atau membuat aplikasi tidak muncul di app drawer. Hal ini cukup berguna untuk menyembunyikan aplikasi-aplikasi yang tidak atau jarang sekali digunakan sehingga tidak memenuhi app drawer.
Berikut cara menyembunyikan aplikasi Android: Masuk ke App Drawer > tekan tombol MENU > klik “Hide App” > beri tanda centang pada aplikasi yang ingin disembunyikan > setelah selesai klik tombol BACK
7. Fitur Task Manager
Go Launcher EX selain berfungsi sebagai launcher juga berfungsi sebagai task manager atau task killer. Untuk menggunakan fitur ini Anda cukup masuk ke app drawer, lalu klik pada bagian atas layar (perhatikan gambar dibawah).
  • All: Menunjukkan semua aplikasi yang terinstall di handphone atau tablet Android
  • Recent: Menunjukkan daftar aplikasi yang baru saja digunakan
  • Running: Berisi daftar aplikasi yang sedang berjalan saat ini
Berikut cara menggunakan fitur task manager: Masuk ke app drawer > klik Running > klik pada salah satu aplikasi yang berjalan > akan muncul pilihan:

menggunakan android task manager

Fitur Task Manager
  • Close: Untuk mematikan aplikasi yang sedang berjalan
  • Lock: Untuk mengunci aplikasi. Jika aplikasi di lock, maka aplikasi akan tetap berjalan jika di klik “Close All Programs”
  • Go To: Untuk pergi atau menggunakan aplikasi
  • Info: Untuk mengetahui informasi aplikasi.
Anda dapat mematikan semua aplikasi yang berjalan sekaligus dengan cara mengklik “Close All Program” (kecuali aplikasi yang di lock)

No comments:

Post a Comment