Sunday, May 6, 2012

Backup Aplikasi Menggunakan Titanium Backup



Aplikasi ini adalah aplikasi yang terkenal di kalangan pengguna Android. Untuk dapat melakukan backup menggunakan aplikasi ini, Anda harus melakukan root terlebih dahulu. Kelebihan dari Titanium Backup adalah aplikasi ini bukan hanya membackup aplikasinya saja, namun aplikasi ini dapat membackup data-data dari aplikasi tersebut. Jadi, misalnya Anda membackup sebuah game menggunakan Titanium Backup, maka pengaturan yang Anda lakukan pada game tersebut (pengaturan volume suara, pengaturan tombol-tombol, kalibrasi sensor, dll) akan ikut ter-backup.

Untuk menggunakan aplikasi ini juga mudah, berikut adalah caranya:
Masuk ke aplikasi Titanium Backup

Klik tab Backup/Restore
Klik aplikasi yang ingin di Backup atau ingin di Restore (di install kembali / ingin di kembalikan data-nya)
Setelah di klik, Anda akan dihadapkan dengan beberapa pilihan seperti tampilan dibawah ini:

Aplikasi Titanium Backup >> download link 

Berikut adalah penjelasan dari pilihan tersebut:
1. Backup : Untuk membackup aplikasi dan datanya

2. Run App : Menjalankan atau mengaktifkan aplikasi yang dipilih

3. Restore : Jika Restore di klik akan muncul tiga pilihan, yaitu Data Only: mengembalikan data-data aplikasi sesuai data yang telah di backup; App Only: hanya menginstall ulang aplikasi, tidak termasuk data; App+Data: Menginstall ulang aplikasi termasuk data-datanya.

4. Freeze : Membuat aplikasi tidak bekerja atau “dibekukan”. Freeze tidak akan meng-uninstall aplikasi, namun dalam kondisi freeze, aplikasi tidak dapat digunakan dan sama sekali tidak akan menggunakan sumber daya telepon, termasuk CPU dan RAM. Bila sewaktu-waktu aplikasi ingin digunakan kembali, Anda dapat melakukan defrost atau “mencairkannya”. Fitur Freeze hanya bisa digunakan pada Titanium Backup donate version (berbayar). Bila Anda menggunakan versi yang gratis, maka Anda tidak dapat menggunakan fitur ini. Sebagai catatan, sebaiknya Anda berhati-hati bila ingin melakukan freeze, khususnya bila ingin mem-freeze aplikasi bawaan. Bila tidak terlalu diperlukan, sebaiknya aplikasi bawaan tidak perlu di freeze.

5. Un-Install : Berfungsi untuk menghapus atau membuang aplikasi

6. Wipe Data : Menghapus data-data dari aplikasi, seperti setting (pengaturan aplikasi), account aplikasi, database, dll

7. Delete : Menghapus data backup yang disimpan pada Titanium Backup

Bila Anda ingin memback-up aplikasi sekaligus atau tidak satu-satu Anda hanya cukup menekan tombol MENU > Batch. Titanium backup yang versi gratis hanya dapat membackup satu versi dan data dari setiap aplikasi yang terinstall. Jadi setiap kali Anda melakukan backup, maka akan secara otomatis menghapus data backup yang lama.

No comments:

Post a Comment