Sunday, May 6, 2012

Mengembalikan Market ke Versi Lama



Kecepatan update setiap handphone bisa saja berbeda-beda. Tampilan Android market yang terbaru lebih fresh dan dominan berwarna hitam.
Walau tampilannya lebih bagus, namun cukup banyak pengguna handphone Android yang mengeluhkan Android Market versi terbaru lebih lambat untuk digunakan. Pengguna yang mengeluhkan Android Market versi baru (versi 3.x.xx) lebih lambat pada umumnya adalah yang ponsel Androidnya menggunakan processor 800 MHz atau kurang.

Cara Pertama :

Bila Anda adalah salah satu pengguna yang mengalaminya dan merasa lebih nyaman menggunakan Android Market versi sebelumnya, berikut cara untuk mengembalikan ke versi yang lama:
  1. Tekan tombol HOME > anda akan dibawa ke layar utama
  2. Tekan tombol MENU
  3. Klik Settings (Pengaturan)
  4. Klik Applications (Aplikasi)
  5. Klik Manage Applications (mengelola Aplikasi)
  6. Cari aplikasi Market (bila tidak ditemukan, coba klik “All” (Semua))
  7. klik “uninstall updates” (Perbarui Uninstall)
Klik Uninstall Updates / Perbarui Uninstall

Setelah di klik Uninstall Updates, Aplikasi Android Market akan kembali ke versi yang lama (dominan berwarna hijau). Cara ini sebenarnya hanya bersifat temporary atau sementara saja, karena cepat atau lambat Market akan kembali melakukan update secara otomatis. Namun, bagi pengguna yang tidak selalu menyalakan koneksi internetnya (dinyalakan kadang-kadang saja), cara ini akan cukup ampuh dalam waktu yang lumayan lama.
Jika Anda sudah melakukan hal diatas namun keesokan harinya atau beberapa jam kemudian aplikasi market kembali melakukan update, maka tidak banyak hal yang dapat dilakukan. Kita hanya dapat berharap agar update Android Market selanjutnya akan lebih baik dan tidak lemot lagi. 

Cara Kedua :

Market tidak kembali update ke versi terbaru. Berikut cara dan persyaratannya:
Syarat:
  1. Handphone Android sudah di root
  2. Anda memiliki aplikasi Titanium Backup Pro Version
Caranya:
  1. Masuk ke aplikasi Titanium Backup
  2. Cari aplikasi “Market Updater”
  3. Klik pada aplikasi “market updater” > klik Freeze!

No comments:

Post a Comment