Sunday, May 6, 2012

Tips Android Untuk Memaksimalkan Fitur Ice Cream Sandwich Terbaru

Tips Android Untuk Memaksimalkan Fitur Ice Cream Sandwich Terbaru



    Tips Android kali ini adalah diperuntukkan bagi OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich yang secara signifikan berbeda dari semua versi pendahulunya maupun versi terakhir (Gingerbread /Honeycomb), di mana beberapa setting telah dipindahkan sehingga berubah menjadi lebih multitasking, launcher yang dirombak dan masih banyak lagi.
     Saat menggunakan OS Android lama mungkin Anda telah mengkustomisasi sehingga Anda benar-benar menguasai perangkat Android Anda, namun setelah meng-upgrade ke OS Ice Cream Sandwich, Anda tidak bisa menerapkan cara customize yang sama karena adanya banyak perubahan seperti yang telah disebutkan diatas. Oleh karena itu, berikut ini adalah tips Android untuk memaksimalkan dan customize fitur Ice Cream Sandwich terbaru.
Tips Android ini terdiri dari:
  1. Gunakan launcher dari pihak ketiga karena memungkinkan Anda untuk menempatkan lebih banyak ikon pada homescreen dan app drawer.
  2. Ubah letak setting animasi di Developer Options.
  3. Pada Android 4.0 Ice Cream Sandwich Anda bisa menghilangkan lockscreen completely yang memungkinkan Anda untuk langsung menggunakan perangkat Android tanpa harus slide to unlock.
  4. Fitur gesture swipe to remove tidak hanya berfungsi pada browser untuk menutup tab, tetapi juga berfungsi pada menu multitasking untuk menghilangkan program dari memori.
  5. Settings perangkat menghilang, yang mana sebenarnya telah dipindahkan pada phone app.
Menggunakan launcher dari pihak ketiga
    Sama seperti versi OS Android sebelumnya, pada tips Android ini Anda bisa menggunakan aplikasi launcher dari pihak ketiga, seperti yang pernah Paseban bahas sebelumnya () untuk Ice Cream Sandwich.
    Pada versi standar Ice Cream Sandwich, tampilan homescreen akan terdiri dari 16 ikon dan 20 ikon pada app drawer. Tips Android dengan menggunakan launcher dari pihak ketiga ini, contoh menggunakan Launcher Pro, homescreen dan app drawer bisa menampilkan 30 ikon dengan ukuran yang lebih kecil.

Setting Animasi
     Tips Android kedua adalah mengenai perubahan letak dan tambahan setting pada Ice Cream Sandwich. Pada Android versi sebelumnya, setting animasi terletak pada Settings>> Display>>Animation. Lalu pilihan setting terdiri dari No animations, Some animations dan All animations saja.
      Pada Android Ice Cream Sandwich, setting animasi berubah letak menjadi di Settings>>Developer Options>>Window animation scale and Transition animation scale. Maka pilihan setting bertambah menjadi Animation off, Animation scale.5x, Animation scale 1x, Animation scale 1.5x, Animation scale 2x, Animation scale 5x dan Animation scale 10x. Anda bisa mencoba setting tersebut untuk mengetahui fungsi masing-masing.

Lock Screen
      Tips Android ketiga mengenai tambahan setting lock screen Ice Cream Sandwich. Pada Android Ice Cream Sandwich Anda bisa mengakses pilihan lock screen pada Settings>>Security>>Screen lock. Dan disini Anda akan menemui pilihan mengenai cara mengunci perangkat Android yang Anda inginkan.
       Pilihan pada versi lama terdiri dari None, Pattern, PIN, Password. Pada Android Ice Cream Sandwich pilihan bertambah menjadi None, Slide, Face unlock, Pattern, PIN, Password. Sedangkan pilihan terbarunya adalah Slide dan Face Unlock. Fitur Face Unlock berfungsi untuk membuka kunci layar menggunakan deteksi wajah pengguna, meskipun banyak pihak yang menyatakan bahwa fitur ini masih belum sempurna.
       Fitur slide sebenarnya adalah fitur lama dimana Anda dapat membuka kunci layar dengan slide tombol virtual. Namun yang menjadi alasan mengapa menu setting ini ditambahkan, karena pilihan None pada Ice Cream Sandwich membuat semua kunci layar tidak aktif. Pada versi OS Android lama apabila Anda memilih setting None, saat menekan tombol power/lock Anda masih harus membuka kunci layar dengan slide. Pada Ice Cream Sandwich, apabila Anda memilih None, untuk mengaktifkan dan menonaktifkan layar cukup dengan menekan tombol power/lock saja.
       Tips Android nomor empat dan lima di atas akan lebih baik jika dijelaskan dengan video berikut, yang merupakan video lengkap yang menampilkan tips & trick dari nomor 1-5.

1 comment:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    ReplyDelete